Langsung ke konten utama
Pengertian Promosi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya dengan Jelas
Kata-kata promosi
pasti sudah sering sekali kita lihat dan kita dengar setiap hari di
sekitar kita, mulai dari obrolan teman atau keluarga, dari media cetak,
dari papan reklame atau papan billboard di jalan, dari radio, dari
televisi, dari internet, dan masih banyak lagi. Tetapi mungkin masih
banyak orang yang belum tahu dengan jelas apa itu pengertian promosi,
jenis-jenisnya, tujuannya, dan contoh-contoh kongkret mengenai promosi
ini. Dalam artikel berikut ini akan dijelaskan mengenai hal tersebut.
Pengertian Promosi
Berikut ini akan dijabarkan beberapa pengertian promosi yang diambil dari beberapa sumber yang terpercaya :
Menurut Wikipedia,
promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan
penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini adalah salah
satu dari empat elemen dasar bauran pemasaran, yang mencakup empat P:
price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan
tempat.
Promosi mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk
memberikan informasi tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal
dan visual.
Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia,
pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan
produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli
atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Kalau menurut ahli pemasaran Harper Boyd : promosi diartikan sebagai
upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.
Menurut pakar pemasaran lainnya yaitu Boone dan Kurtz, promosi adalah
proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan
pembelian.
Sebenarnya ada banyak sekali versi pengertian promosi yang
dikemukakan oleh para ahli pemasaran diseluruh dunia, tetapi
kesimpulannya kurang lebih sama, yaitu promosi adalah untuk
memberitahukan, menginformasikan, menawarkan, membujuk, atau
menyebarluaskan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen dengan
tujuan agar calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan
pembelian.
Tujuan Promosi
Orang melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun
tujuan promosi berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah :
- Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
- Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut
- Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan
- Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor
- Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk
Kesimpulannya, tujuan utama dari promosi adalah produsen atau
distributor akan mendapatkan kenaikan angka penjualan dan meningkatkan
profit atau keuntungan.
Jenis-Jenis Promosi
Ada banyak sekali jenis dan cara orang melakukan promosi, beda produk
atau jasa beda pula cara dan media promosinya. Berikut ini adalah
jenis-jenis promosi yang biasa kita lihat seperti dikutip dari Wikipedia
:
Promosi secara fisik
Promosi dapat diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan
pada acara-acara tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu
tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya.
Biasanya para penjual membuka semacam “stand” atau “booth” untuk
menampilkan dan menawarkan produk atau jasanya.
Kelebihan jenis promosi secara fisik dan langsung adalah dapat
menjangkau langsung para calon konsumen, mereka dapat secara langsung
melihat produk atau jasa yang ditawarkan, dan dapat langsung bertanya
segala sesuatu hal mengenai produk atau jasa tersebut, dan dari pihak
penjual hal ini dimanfaatkan untuk membujuk dan merayu calon konsumen
agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada saat itu juga.
Ya, interaksi di lapangan sangat memungkinkan orang langsung melakukan
pembelian.
Kekurangan cara promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya jumlah
calon konsumen karena hanya diadakan di lingkungan atau area tertentu
seperti perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya.
Promosi melalui media tradisional
Yang dimaksud jenis promosi melalui media tradisional adalah via
media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media
elektronik seperti radio dan televisi, serta media di luar ruangan
seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard.
Kelebihan jenis promosi melalui media tradisional adalah dapat
menjangkau lebih banyak calon konsumen daripada dengan promosi secara
fisik, karena jangkauan media yang memang cukup luas.
Kekurangan cara promosi melalui media tradisional adalah membutuhkan
biaya yang sangat besar, karena melibatkan media-media besar seperti
televisi, penyedia papan billboard, dan lain sebagainya.
Promosi melalui media digital
Jenis promosi melalui media digital mencakup media internet dan
social media atau jejaring social. Ini adalah cara modern untuk
berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang
dipromosikan melalui teknologi terkini seperti ponsel atau laptop.
Banyak para pengusaha yang sudah beralih menggunakan media digital
sebagai strategi promosi mereka karena memang media digital saat ini
merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka setiap
hari. Lebih dari 2,7 miliar orang menggunakan internet di seluruh dunia,
yaitu sekitar 40% dari populasi dunia. 67% dari semua pengguna internet
secara global menggunakan media sosial.
Kelebihan promosi menggunakan media digital adalah dapat menjangkau
orang secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien.
Kekurangannya berpromosi dengan media digital adalah banyak sekali
kompetitor atau pesaing yang ikut bermain didalamnya. Tugas yang cukup
berat bagi para pemasar agar lebih kreatif lagi dalam berpromosi di
media digital ini agar lebih menarik calon konsumen dibandingkan
kompetitor.
Dari beberapa jenis promosi diatas, promosi melalui media digital
adalah yang paling banyak dilakukan saat ini, karena faktor efisiensi
biaya dan penyebarannya yang luas dan relatif lebih cepat.
Contoh-contoh Promosi
Contoh-contoh promosi ada banyak sekali yang biasa kita temui
sehari-hari, beberapa dari mereka tampil beda dengan yang lainnya.
Berikut adalah beberapa contoh-contoh promosi yang sudah sangat umum :
- Promosi di sebuah toko : beli 2 pasang sepatu dapat gratis 1 pasang sepatu tambahan
- Promosi dari suatu provider telekomunikasi : nelpon 5 menit dapat gratis telpon selama 30 menit
- Promosi di sebuah department store : dapat potongan harga 30% untuk suatu produk tertentu
- Promosi di sebuah restoran : beli makanan tertentu gratis minuman
Dan banyak contoh-contoh promosi yang lainnya yang tentu saja tujuan
utamanya adalah menjaring calon konsumen sebanyak-banyaknya untuk dapat
melakukan pembelian.
Promosi terbaik Saat ini
Kini ada suatu aplikasi baru yang bernama Cashbac, yaitu aplikasi
yang memberikan rewards pada setiap transaksi belanja dan makan. Tidak
seperti program rewards lain dimana konsumen harus menunggu lama untuk
mendapatkan rewards, Cashbac app memberikan rewards secara langsung atau
instan yang otomatis bisa langsung di gunakan di puluhan merchant dan
restoran partner yang sudah bekerjasama. Jadikan pengalaman makan dan
berbelanja kamu menjadi lebih menyenangkan.
Baik
BalasHapusDan kita harus bisa pandai dalam hal promosi apa yang kita akan jual dan harus memiliki laba bagi si pemilik produksi tersebut
HapusProduk kompetitor itu apa tadz?
BalasHapus