Pengertian Harga Menurut Para Ahli
Kotler dan Armstrong
Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut
Basu Swastha & Irawan
Basu Swastha & Irawan
Harga merupakan jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya
Peranan Harga
Menurut Fandy Tjiptono, Harga memainkan peranan penting bagi perekonomian secara makro, konsumen dan perusahaan,
- Bagi Perekonomian
- Bagi Konsumen
- Bagi Perusahaan
Metode penetapan harga dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama, yaitu metode penetapan harga berbasis permintaan, berbasisi biaya, berbasis laba, dan berbasis persaingan.
a. Metode Penetapan Harga Berbasis Permintaan
Metode yang menekankan pada faktor-faktor yang mempengaruhi selera dan preferansi pelanggan daripada faktor-faktor seperti biaya, laba, dan persaingan.
b. Metode Penetapan Harga Berbasis Biaya
b. Metode Penetapan Harga Berbasis Biaya
Pada metode ini harga ditentukan berdasarkan biaya produksi dan pemasaran yang ditambah dengan jumlah tertentu sehingga dapat menutupi biaya-biaya langsung, biaya overhead, dan laba.
c. Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
c. Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
Metode ini bertujuan menyeimbangkan antara pendapatan dan biaya dalam penetapan harga. Hal ini dilakukan atas dasar target volume laba spesifik atau dinyatakan dalam bentuk persentase terhadap penjualan atau investasi.
d. Penetapan Harga Berbasis Persaingan
d. Penetapan Harga Berbasis Persaingan
Merupakan metode penetapan harga dengan menggunakan harga pesaing, apakah di bawah, sama atau di atas harga pesaing
Komentar
Posting Komentar