Hyperlink Pada Power Point

Pengertian Hyperlink
Hyperlink adalah suatu tata cara yang menghubungkan suatu bagian di dalam slide, file, program maupun halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang tersebut. Hyperlink juga biasanya dapat digunakan untuk dapat menunjukan lokasi dari teks maupun objek yang diperlihatkan atau juga di presentasikan. Hyperlink ini bisa menghubungkan beberapa objek, file, dokumen, halaman web atau yang lain sebagainya.

Pengertian lain dari hyperlink ialah suatu teks yang akan mengarahkan ke tampilan halaman lain. Nama lain dari hyperlink merupakan link, jika kita mengklik hyperlink pada halaman suatu website yang artinya kita telah membuka browse WWW “world wide web” atau kita akan menuju ke halaman yang lain atau dokumen lain.

Fungsi Hyperlink
Fungsi hyperlink adalah untuk dapat memudahkan pembaca untuk menjelajahi berbagai informasi terkait yang berada di dalam sebuah halaman presentasi maupun halaman website. Hyperlink merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang akan memberikan pembaca jalan pintas menuju informasi lainnya.

Cara Membuat Hyperlink di PowerPoint
Bagi pengguna yang terbiasa menggunakan PowerPoint mungkin sudah sering mendengar istilah Hyperlink. Dalam penggunaannya, hyperlink biasa digunakan untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik. Biasanya, setiap slide akan ditampilkan secara linier melalui menu Slide Show. Maksudnya, slide pertama akan otomatis berpindah menuju slide kedua apabila kita mengklik salah satu tombol pada keyboard.

Akan tetapi, dengan adanya hyperlink ini Anda dapat berpindah dari satu slide ke slide berikutnya atau bahkan dari slide presentasi ke jenis file lain. Fitur hyperlink ini nantinya akan disisipkan suatu perintah untuk melakukan aktifitas yang Anda inginkan. Lantas, bagaimana cara menambahkan hyperlink di Microsoft PowerPoint ?

HYPERLINK ANTAR FILE 
Dilihat dari penamaannya, tentu saja hyperlink jenis ini berfungsi untuk menghubungkan slide menuju file jenis lain atau suatu situs web. Contohnya, Anda menghubungkan slide presentasi dengan jenis file PDF. Berikut merupakan cara membuat hyperlink jenis ini.

1. Buka file presentasi powerpoint di komputer Anda.
2. Pertama, buatlah shape yang berfungsi sebagai tombol yang digunakan untuk melakukan perintah. Caranya, klik menu Insert > pilih Shapes. Pilih bentuk shapes yang Anda inginkan. Misalnya, disini saya memilih bentuk shape “Rounded Rectangle”.


3. Kemudian, untuk membuat hyperlink pada shape itu, aktifkan shape terlebih dahulu atau tampak seperti gambar dibawah. Setelah itu, kembali ke menu Insert > pilih Hyperlink.


4. Akan muncul jendela Insert Hyperlink seperti pada gambar. Kemudian pilih tab menu Existing File or Web Page karena ingin menambahkan jenis file lain. Disini saya akan menambahkan jenis file PDF yang tersimpan di pada direktori. Jika telah selesai memilih file, klik OK

5. Jalankan slide presentasi melalui menu Slide Show, kemudian arahkan kursor ke shape yang telah disisipkan hyperlink dan klik maka Anda akan diarahkan ke file PDF yang telah dipilih.



HYPERLINK DALAM SATU FILE
Hyperlink jenis ini akan menghubungkan antar slide yang terdapat dalam satu file presentasi yang sama. Untuk langkah-langkahnya hampir sama dengan jenis hyperlink pertama, hanya berbeda di bagian Insert Hyperlink.

1. Pertama buatlah shape dan letakkan shape di slide yang Anda inginkan. Caranya pun sama, klik menu Insert > Shape.


2. Aktifkan shape, lalu kembali ke menu Insert > Hyperlink.


3. Ketika jendela Insert Hyperlink terbuka, pilih tab Place in This Document. Shape tersebut saya letakkan pada slide rules, dan hyperlink tersebut akan diarahkan ke slide solution. Apabila telah selesai memilih slide, klik OK.


4. Jalankan slide tersebut melalui Slide Show, klik pada shape yang telah disisipkan hyperlink maka perintah yang akan dijalankan berpindah ke slide selanjutnya 

Demikian penjelasan hyperlink pada Ms. Powerpoint, semoga bermanfaat.

Komentar