Ide Dan Analisis Peluang Usaha

Pengertian Peluang Usaha dalam Kewirausahaan dan Contohnya
Ide Dan Peluang Usaha
Ide dalam konteks kewirausahaan adalah kesempatan pasti yang bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada serta memanfaatkan berbagai kesempatan atau peluang yang dengan segera diambil.
Peluang kewirausahaan dalam pengertian lebih mendalam dapat dibagi menjadi dua yakni peluang internal dan peluang eksternal.
Peluang internal merupakan peluang yang memang sudah ada dalam diri wirausaha sehingga menjadi dasar untuk membaca keadaan sesuai dengan potensi yang dimiliki.
Sedangkan peluang eksternal merupakan peluang yang lahir dari proses pembacaan kondisi atau respon seorang wirausaha atas situasi yang menurutnya berpotensi untuk menjadi peluang (kesempatan pasti).

Sumber – sumber ide peluang kewirausahaan
Pengalaman pribadi (sumber internal).
Sumber peluang usaha dari faktor internal adalah sebuah ide yang muncul dari diri kita sendiri atau pemikiran sendiri.
Pengalaman pribadi membentuk karakter kita dalam menemukan berbagai peluang sumber ide usaha yang mampu di kembangkan dengan baik serta memaksimalkan agar sukses di jalankan.

Minat atau hobi.
Tidak jarang banyak orang yang sukses menemukan sumber ide peluang usaha dari hobi yang di jalankan.
Alasan mengapa banyak orang yang sukses menjalankan usaha karena mereka mengerjakan secara maksimal serta sesuai dengan bakat yang dimiliki atau hobi yang dijalankan.

Penemuan secara tidak sengaja.
Menemukan sumber ide peluang usaha secara tidak sengaja memang menjadi salah satu yang paling beruntung.
Alasannya adalah banyak orang yang sukses meskipun ide usaha yang mereka jalankan berasal dari ketidak sengaja yang mereka temui.

Pencarian ide dengan penuh pertimbangan.
Mempertimbangkan sebuah usaha sebelum menjalankan merupakan hal yang paling tepat dan sesuai untuk di lakukan.
Melihat usaha yang sudah di jalankan oleh orang lalu anda mengevaluasi terlebih dahulu apakah usaha tersebut potensial untuk di jalankan atau tidak.
Usaha pencarian sedemikian rupa dapat berguna karena hal tersebut mampu menyiapkan kesiapan pikiran.

Metode-metode untuk memunculkan ide
Kelompok focus.
Memulai membuat kelompok secara fokus dan tertuju pada satu tujuan merupakan salah stau tips dalam kesuksesan menjalankan sebuah usaha.

Bertukar pikiran.
Metode pertukaran pikiran antara pengusaha adalah hal yang tepat di lakukan jika usaha yang anda jalankan bisa maju.
Bukan hanya itu, bertukar pikiran juga mampu memberikan sumber ide peluang usaha baru yang mampu menunjang kesuksesan anda nantinya. Adapun peraturan dalam metode ini adalah:
  • Tidak diperkenankan adanya komentar negatif atau kritik terhadap pendapat seseorang.diharapkan berpikir sebebas mungkin.
  • Diusahakan memperoleh sejumlah besar ide-ide baru.
  • Diperbolehkan adanya kombinasi dari ide-ide yang dikemukakan dalam diskusi untuk memunculkan suatu ide baru.
Analisis masalah.
Melakukan analisa masalah pada sebuah usaha yang di jalankan menjadi hal penting yang perlu di lakukan oleh pengusaha yang baru berdiri.
Analisa masalah menjadi salah satu landasan utama dari kelancaran sebuah usaha, karena di sisi lain anda mampu memperbaiki sebuah kesalahan yang terjadi sebelumnya.

Tahapan Menentukan Ide dan Peluang Usaha
1. Ketahui Kemampuan yang Anda Miliki
Tahapan menentukan ide dan peluang bisnis yang pertama yaitu dengan mengetahui kemampuan yang Anda miliki terlebih dahulu. Tanyakan pada diri Anda apa keahlian yang Anda miliki dan jujurlah pada diri sendiri. Selain itu telusuri dan juga eksplorasi sedalam-dalamnya terkait dengan apa yang harus Anda lakukan kepada orang lain dengan menggunakan keahlian serta keterampilan yang Anda miliki. Apabila Anda sudah berhasil menemukan jawabannya, maka Anda pun akan dimudahkan untuk menemukan ide dan peluang usaha yang disesuaikan dengan potensi hang Anda punya.

2. Carilah Sesuatu yang Sedang Trend
Tahapan menentukan ide dan peluang bisnis yang selanjutnya yaitu dengan mencari sesuatu yang saat ini sedang trend. Tentunya Anda tak mungkin untuk berdiam diri saja di dalam rumah tanpa melakukan suatu hal sedikitpun untuk mendapatkan ide dan peluang bisnis. Ada baiknya Anda keluar dari zona nyaman Anda dan jalan-jalanlah untuk mencari tahu segala sesuatu yang saat ini sedang tren.
Dengan Anda memperhatikan yang saat ini sedang trend di pasar, maka ide bisnis Anda akan segera ditemukan dan akan terpikirkan peluang usahanya. Selanjutnya setelah Anda menemukan ide bisnis dan juga peluang usaha, maka akan banyak kemungkinan bagi Anda mengembangkan peluang bisnis tersebut.

3. Berikan Nilai tambah pada produk yang Tersedia
Tahapan yang selanjutnya yaitu dengan memberikan nilai tambah terhadap produk yang sudah ada sebelumnya. Nah, di sini Anda harus menggunakan kekreatifan Anda untuk menerapkan teknik ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi dan dengan melakukan percobaan-percobaan di produk yang sebelumnya sudah ada. Hal tersebut tentunya akan membutuhkan suatu kekreatifan yang cukup tinggi dan juga daya pikir yang di luar kebiasaan atau out of the box.

4. Membuat Riset dan Penelitian di Pasar
Langkah yang berikutnya untuk menentukan ide dan peluang usaha Anda yaitu dengan membuat riset dan juga penelitian di pasar. Dengan melakukan riset dan juga penelitian di pasar ini memang begitu dibutuhkan untuk menjalankan suatu usaha yang bernilai investasi lumayan banyak. Nah, dari riset dan penelitian di pasar secara lengkap, maka nantinya akan memunculkan peluang-peluang usaha yang cukup banyak. Baik itu peluang usaha untuk usaha utama maupun usaha sampingan yang menguntungkan.

5. Menciptakan Jenis Produk atau Jasa Baru
Tahapan dalam menentukan ide dan peluang usaha yang terakhir yakni dengan menciptakan jenis produk maupun jasa yang masih baru. Akan tetapi untuk bisa memulai menciptakan suatu produk atau jasa yang baru ini, maka Anda perlu berbagai macam bahan yang mana nantinya akan dilakukan sebuah eksperimen yang kreatif.
Selain itu, Anda juga perlu melakukan uji coba sebelum Anda menjual produk atau jasa baru tersebut ke pasar. Nah, dengan menciptakan jenis produk atau jasa yang baru, maka akan membuka lagi peluang yang akan menjadikan sebagai pelopor usaha terbaik dan unik di pasaran.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.....


Komentar