Mengenal Jaringan Komputer

MENGENAL JARINGAN KOMPUTER
Saat ini hampir setiap komputer yang kita temui merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang kompleks. Misalkan saja ketika sebuah laptop atau komputer yang tadinya berdiri sendiri (stand alone) kemudian kita tambahkan sebuah USB Modem sehingga terhubung ke internet, maka komputer kita telah terhubung dan merupakan bagian dari sebuah jaringan yang sangat luas yaitu WAN (Wide Area Network).

Dalam artikel berikut ini kita akan mencoba mengenal pengertian dari jaringan komputer, manfaat dan resiko dari jaringan komputer dan pembagian jaringan komputer berdasarkan luas areanya yaitu PAN, LAN, MAN dan WAN.

Apa itu Jaringan Komputer?
Secara sederhana pengertian dari jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.

Manfaat Jaringan Komputer:
Manfaat utama yang dapat kita rasakan dari terbentuknya jaringan komputer adalah kemampuan untuk saling berbagi sumber daya (resource sharing) yang kita miliki seperti pemakaian printer, hardisk, CD ROM dan peripherial lain secara bersama-sama, saling bertukar data (file sharing) dan berkomunikasi satu sama lain (email, chating sampai video conference).

Kerugian Jaringan Komputer:
Sebenarnya istilah tepatnya mungkin bukan kerugian tetapi konsekuensi dari terhubungnya sistem komputer kita ke jaringan komputer ini diantaranya adalah masalah keamanan (security) baik pada pengaksesan berbagai sumberdaya dari pihak-pihak yang tidak berwenang maupun masalah keamanan (ancaman virus) pada data yang dipertukarkan.
Terlepas dari berbagai resiko yang harus kita hadapi, rasanya untuk komputer saat ini terhubung atau merupakan bagian dari jaringan komputer merupakan hal yang tidak bisa dihindari.

Saat ini hampir setiap komputer yang kita temui merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang kompleks. Misalkan saja ketika sebuah laptop atau komputer yang tadinya berdiri sendiri (stand alone) kemudian kita tambahkan sebuah USB Modem sehingga terhubung ke internet, maka komputer kita telah terhubung dan merupakan bagian dari sebuah jaringan yang sangat luas yaitu WAN (Wide Area Network).

JENIS KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER
Komponen jaringan komputer penting yang diperlukan untuk jaringan komputer dasar, biasanya disebut LAN (jaringan area lokal) yang berfungsi untuk berbagi sumber daya di jaringan tersebut. Jenis jaringan komputer yang melibatkan komponen dan perangkat adalah sebagai berikut:

Kartu Antarmuka Jaringan
Ini adalah NIC yang berdiri sendiri digunakan dalam komputer desktop. Adaptor jaringan atau NIC adalah perangkat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer/jaringan lain. Melalui perangkat keras unik (alamat MAC) yang diprogramkan pada chip kartu, protocol data link menggunakan alamat ini untuk mendeteksi sistem lain di jaringan sehingga dapat mentransfer data ke tujuan yang benar melalui jaringan kabel atau nirkabel.
Hub 
Merupakan komponen jaringan yang membagi koneksi jaringan seperti pusat penyebaran untuk banyak perangkat. Ketika komputer meminta informasi dari jaringan atau komputer tertentu, itu mengirimkan permintaan ke Hub melalui kabel. Hub menerima permintaan dan menyiarkan ke seluruh jaringan. Setiap perangkat dalam jaringan kemudian akan bekerja jika data siaran dibutuhkan.

Router Jaringan
Router komponen jaringan digunakan untuk menghubungan LAN ke koneksi internet. Router serupa juga digunakan untuk menghubungkan satu jaringan area lokal (LAN) ke jaringan yang lainnya. Sering kali melintas jarak jauh melalui operator komersial. Router sebenarnya adalah saklar yang terhubung dengan jaringan yang lain. Secara dinamis, mereka memperbaharui informasi rute untuk menemukan rute jaringan turun dan menemukan apakah rute lainnya dapat diakses.

Modem Analog atau Digital
Ini memungkinkan koneksi ke internet saluran telepon yang ada. Modem jenis ini biasanya tidak terintegrasi dengan motherboard komputer tetapi datang sebagai perangkat terpisah yang dapat diinstal pada slot PCI yang ditemukan pada motherboard atau perangkat mandiri. Modem tidak diperlukan untuk LAN, tetapi diperlukan untuk koneksi internet melalui dial-up dan DSL.
Kabel dan Konektor Jaringan
Perangkat jaringan tidak akan berfungsi dengan baik kecuali jika mereka terhubung satu sama lain yang dilakukan melalui media yang berbeda. Kabel adalah salah satu media transmisi yang dapat mengirimkan sinyal komunikasi. Topologi jaringan kabel menggunakan jenis kabel khusus untuk menghubungkan komputer di jaringan.
Media Transmisi Jaringan Komputer  
Media Wireless
Jaringan nirkabel (Inggris: wireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit).
Kelebihan dari media Wireless sebagai media transmisi diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Tidak membutuhkan Instalasi Kabel yang Panjang
  • Cocok untuk digunakan pada jaringan yang luas cakupan areanya
  • Support hampir dengan berbagai jenis perangkat seperti smartphone maupun laptop
Kekurangan dari media Wireless sebagai media transmisi diantaranya sebagai berikut :
  • Kekuatan sinyal dipengaruhi oleh lingkungan fisik seperti penghalang tembok pohon dll.
  • Latency yg besar, karena adanya masalah propagasi radio seperti terhalang terpantul dan banyak sumber interferensi
  • Peralatan Access Point yg mumpuni masih mahal harganya
Media Fiber Optik
Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter kurang lebih 120 mikrometer.

Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.
Kelebihan dari media Fiber Optik sebagai media transmisi diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Kemampuan mengirim data dengan kapastitas yang besar dan jarak yang jauh.
  • Tahan terhadap gangguan elektromagnetik
  • Tingkat keamanan fiber optic yang tinggi , karena serat optik tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun
Kekurangan dari media Fiber Optik sebagai media transmisi diantaranya sebagai berikut :
  • Harga relatif mahal jika dibandingkan dengan kabel jenis lainnya seperti UTP yang memiliki harga yang terjangkau.
  • Rentan cahaya bocor di bending kabel yang tajam
  • Membutuhkan tenaga professional untuk melakukan perawatan dan pemasangan / penyambungan
Media Kabel Tembaga
Kabel tembaga terbagi atas UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Perbedaan dari keduanya adalah adanya pelindung dan tidak adanya pelindung pada bagian inti konduktornya.

Kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel dengan jalinan yang berbeda-beda tiap incinya.Semakin rapat jalinan tersebut, tingkat transimisi dan harganya semakin tinggi.Kabel UTP ini menggunakan konektor RJ-45 yang biasa digunakan untuk Eternet, ISDN, atau sambungan telepon.

Sedangkan, kabel STP terdiri dari sepasang kabel yang dilindungi oleh timah, dan masing-masing kabel tersebut dibungkus oleh pelindung.

Kelebihan dari media Kabel Tembaga sebagai media transmisi diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mempunyai harga yang relatif murah sehingga terjangkau dengan berbagai perusahaan / institusi
  • Sangat tepat untuk di implementasikan di jaringan dengan skala LAN
  • Material pendukung yang mudah ditemukan (RJ45, Tang Crimping dll)
Kekurangan dari media Kabel Tembaga sebagai media transmisi diantaranya sebagai berikut :
  • Installasi yang rumit.
  • Kapasitas kemampuan bandwidth yang kecil.
  • Rentan dengan gangguan interferensi elektromagnetik
Demikian sedikit materi tentang Jaringan Komputer, semoga bermanfaat.



Komentar